Beragam Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Beragam Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan, Apa Saja

Sebagai seorang muslim, sholat adalah salah satu kewajiban yang harus dijalankan sesuai waktunya. Nah, tidak hanya berfungsi sebagai jalan mendekatkan diri pada Allah semata, gerakan sholat yang dilakukan dalam setiap peribadatan tersebut ternyata memiliki manfaat dari segi kesehatan.

Manfaat ini menunjukkan bahwa sholat merupakan bentuk peribadahan yang kaya akan hikmah. Oleh karenanya, seorang muslim tentu harus semakin terpacu untuk menjalankannya sesuai anjuran Nabi.

Lantas, apa saja manfaat dari gerakan sholat yang didapatkan? Simak ulasan selengkapnya!

Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan, Apa Saja

Sholat memang dilakukan dengan beberapa gerakan yang berbeda. Gerakan tersebut tentu sudah diajarkan oleh Rasulullah sebagai suri teladan terbaik.
Nah, gerakan dalam sholat yang dilakukan memiliki hikmah dan manfaat yang berkaitan dengan kesehatan. Beberapa manfaat yang didapatkan dari gerakan sholat yang dilakukan diantaranya adalah :

1. Melancarkan sirkulasi darah
Salah satu manfaat gerakan sholat yang akan didapatkan adalah melancarkan sirkulasi darah. Tentu, dengan sirkulasi darah yang lebih baik, kondisi tubuh secara umum pun nantinya akan semakin sehat. Dalam hal ini, gerakan sholat yang efektif untuk melancarkan sirkulasi darah adalah rukuk dan juga tasyahud.

2. Melancarkan pencernaan
Dalam penelitian yang dilakukan, gerakan sholat juga memiliki peran penting untuk melancarkan pencernaan. Misalnya saja, gerakan tasyahud atau gerakan posisi duduk dengan menopang pada satu kaki melengkung di bagian bawah. Nah, gerakan ini akan mengendurkan usus yang nantinya akan membuat sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik.

3. Meredakan nyeri pada sendi dan punggung
Manfaat lain dari gerakan sholat yang dilakukan adalah meredakan beberapa keluhan terkait nyeri sendi dan juga nyeri punggung. Posisi tubuh saat rukuk dan sujud akan membuka serta meringankan persendian. Nah, dengan gerakan tersebut, maka nyeri yang terjadi nantinya bisa mereda dengan cukup baik.

4. Menjaga kesehatan jantung
Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting dan berkaitan dengan kesehatan tubuh secara umum. Oleh karenanya, menjaga kesehatan jantung harus dilakukan secara teratur.
Nah, gerakan sholat yang dilakukan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung dengan cukup maksimal. Pasalnya, beragam gerakan sholat yang dilakukan akan melibatkan haluan di arteri bagian belakang. Hal inilah yang akan melancarkan tekanan darah yang mengarah ke jantung.

Pada pakar bahkan mengatakan bahwa posisi sujud dalam sholat bisa memecahkan penyumbatan pembuluh darah. Dengan demikian, risiko jantung koroner pun bisa dicegah.
Beberapa hal di atas adalah beragam manfaat gerakan sholat ditinjau dari kesehatan. Tentu, manfaat tersebut akan semakin besar jika gerakan sholat dilakukan dengan benar. Nah, jangan lupa untuk membaca artikel Islami lainnya untuk mengetahui rahasia ibadah lainnya yang merupakan kekayaan dan hikmah dalam Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.