Idap Bipolar, Awkarin Blak-blakan Pernah Coba Bunuh Diri selama 2 Bulan hingga Tak Bisa Tidur

Selebgram Karin Novilda blak blakan jelaskan mengenai kesehatan mentalnya. Sosok yang akrab disapa Awkarin itu akui sempat lakukan selama dua bulan. Hal ini disampaikan dalam video yang diunggah di YouTube TS Media, Senin (17/1/2022).

Awkarin menerangkan, kala itu tidak ada penyebab tertentu yang membuatnya ingin . "Pada waktu itu jadi 2018, dalam waktu dua bulan itu pengen self harm , pengin suicidal terus." "Itu udah berkali kali nyoba dan itu kaya capek aja," kata Awkarin.

Namun, tak sedikit orang yang menilai perilaku sang selebgram hanya untuk mencari perhatian. Awkarin bercerita, saat melakukan selalu ketika teman temannya sedang tidur. Meski begitu, percobaan tersebut selalu bisa digagalkan oleh satpam rumahnya.

"Mungkin ada beberapa orang bilang caper atau segala macam." "Pada waktu itu literally aku memang nyari waktu yang orang itu lagi tidur," tuturnya. Pun ia keheranan dengan naluri sang satpam yang selalu mengetahui percobaannya itu.

"Cuma selalu ketahuan sama satpam aku, dia memang tahu 'kan aku dari dulu gimana." "Dia memang selalu ngecek lagi kenapa atau apa, dan dia selalu tahu instingnya gila," terang Awkarin. Tak sampai di situ, Awkarin juga sempat tak bisa tidur karena merasa .

"Bipolar itu it's a lot more complex dan just a mood , kalau bipolar ada dua fase, manic dan depression ." "Kalau pas manic gue kaya nggak bisa tidur, lagi ngerasa kreatif banget," tambahnya. Ketika itu ia merasa harus merealisasikan ide ide yang muncul terus menerus.

Akan tetapi di waktu yang sama, Awkarin harus menjaga kestabilan suasana hatinya. "Banyak ide yang bisa gue buat, jatuhnya insomnia jam 3 pagi nggak bisa tidur," jelas Awkarin. "Karena lagi banyak ide, pengin ini dan itu, harus semuanya jalan gitu lho."

"Tapi kalau gue biarin terus, ntar kan jatuhnya banget, itu yang harus dijaga," imbuhnya. Sampai akhirnya, Awkarin memutuskan untuk menemui psikolog. Dikarenakan soal kesehatan mental, kita tidak boleh melakukan diagnosa sendiri.

"Sebenarnya kalau kita mau tahu punya kondisi apa, itu 'kan nggak bisa self diagnose ." "Butuh beberapa step yang agak ribet, nggak bisa cuma sekali ke psikolog," ungkap Awkarin. Sang selebgram menerangkan, butuh empat kali ke psikolog sampai didiagnosa idap mild bipolar .

"Kalau waktu itu aku empat kali ke psikolog, pertama itu curhat dan segala macam," lanjut Awkarin. "Kedua ada tesnya, ketiga ada terapinya, and then setelah keluar tesnya nanti tahu butuhnya apa." "Kalau aku sekarang di Abdi Waluyo, ada psikiatris aku," bebernya.

Lantas, Awkarin sedang berusaha meningkatkan kesadaran para pengikutnya soal kesehatan mental. Ia ingin menegaskan, mengidap bipolar bukanlah sebuah aib yang memalukan. "Semenjak aku tahu punya bipolar dan bpd emang aku ningkatin kesadaran," tandas Awkarin.

"Tentang mental health dan aku ngasih tahu juga ke orang bahwa having bipolar issue itu bukan aib." "Karena it's a part of yourself di mana lo harus terima keadaan itu." "Aku juga kadang banyak ngomong ke luar juga tentang kalau mau ke psikolog it's okay ," pungkasnya.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.