Kenang Sosok Tjahjo Kumolo, Jusuf Kalla: Beliau Orang Baik dan Kita Sangat Kehilangan

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) turut menyambangi rumah duka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. Dalam kesempatan ini, JK menghaturkan duka cita mendalam atas kepergian Tjahjo. "Pertama kita semua berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah bapak almarhum Tjahjo Kumolo," kata JK saat ditemui awak media usai di rumah duka Tjahjo Kumolo di Jalan Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Semasa Tjahjo Kumolo hidup, JK menyatakan kalau almarhum merupakan sosok yang baik. Hal itu dibuktikan tidak hanya dalam pekerjaan namun juga dalam pergaulan sehari hari. Atas hal itu dirinya berdoa agar jenazah Tjahjo Kumolo ditempatkan di sisi yang mulia dan wafat dalam keadaan Khusnul khatimah.

"Beliau orang baik. Baik dalam bekerja maupun dalam pergaulan dalam kehidupan sehari hari sangat baik sekali. Untuk itu kita sangat kehilangan. Mudah Khusnul Khatimah," ucap JK. Tak hanya itu, JK juga turut mengenang kisahnya bersama Tjahjo Kumolo saat dirinya masih menjabat sebagai Wapres. Saat itu, Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI.

Selama menjabat sebagai Mendagri, Tjahjo Kumolo merupakan menteri yang bekerja secara teliti dan hati hati. "Dalam bekerja waktu itu zaman dia menteri dalam negeri dia melaksanakan tugasnya sangat baik itu sangat hati hati dan teliti," ucap JK. JK hadir ke rumah duka Tjahjo Kumolo ini bersama sang istri Mufidah Jusuf Kalla.

JK juga memastikan dirinya akan ikut hadir hingga pemakaman Tjahjo Kumolo sore ini di TMP Nasional Kalibata. Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Budi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga mengatakan, jenazahnya bakal dimakamkan di Kalibata.

"Nanti selepas Ashar akan dimakamkan di Kalibata," kata Eriko kepada wartawan di RS Budi Waluyo. Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat (1/7/2002) pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Tjahjo merupakan politisi senior PDIP.

Tjahjo juga pernah menjabat sebagai jajaran DPP sebagai Sekretaris Jenderal PDIP. Pada tahun 2014, Tjahjo ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai menteri dalam negeri (Mendagri). Lalu, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019 2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.