Kuasa Hukum Masih Tunggu Keputusan Penyidik soal Permohonan Roy Suryo Menjadi Tahanan Kota

Mantan Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengajukan penangguhan penahan agar menjadi tahanan kota. Roy Suryo merupakan tersangka kasus dugaan penistaan agama terkait postingan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi. Meski begitu pengajuan tahanan kota Roy Suryo belum disetujui oleh penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Roy Suryo melalui kuasa hukumnya, Pitra Romadoni, telah mengajukan permohonan penangguhan penahanan itu sehari setelah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, Jumat (5/8/2022). Pitra menambahkan pihaknya juga belum mengetahui kondisi terkini Roy di tahanan. Sehingga ia belum bisa memberikan perkembangan kabar terbaru terkait kondisi mantan politisi Partai Demokrat itu.

"Saya belum bertemu dengan beliau. Nanti kalau sudah bertemu akan saya kabari," imbuhnya. Seperti diketahui, pengajuan permohonan itu dilayangkan Roy pada Sabtu (7/8/2022) kemarin. Terkini, polisi menghormati langkah yang ditempuh oleh Roy Suryo.

"Permohonan untuk minta penangguhan terhadap saudara Roy Suryo memang diatur dalam peraturan hukum kita," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Minggu (7/8/2022). Meski begitu, Zulpan menyebut diterima atau tidaknya permohonan itu bergantung pada keputusan penyidik. Untuk itu, segala proses permohonan penangguhan penahanan Roy akan ditentukan oleh penyidik dari Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Kewenangan untuk memutuskan layak atau tidak permohonan tersebut dikabulkan ada di tangan penyidik berdasarkan pertimbangan hukum terhadap kasus yang sedang dihadapi oleh tersangka. Hal ini diatur dalam KUHAP," terang Zulpan. Sebelumnya, kuasa hukum Roy, Pitra Romadoni mengkonfirmasi jika kliennya telah mengajukan permohonan agar Roy menjadi tahanan kota. Pitra menambahkan, kliennya memerlukan perawatan khusus sehingga tidak memungkinkan apabila mendekam di tahanan.

Roy disebut perlu menjafa pola makan akibat ada riwayat penyakit diabetes yang diidapnya. "Lalu pola makan beliau juga harus dijaga. Karena kalau keseringan makan nasi putih, penyakit gulanya bisa naik," jelas Pitra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.