Wajib Tahu! Keutamaan Surat Yasin Dalam Tradisi Umat Islam Indonesia

Wajib Tahu! Keutamaan Surat Yasin Dalam Tradisi Umat Islam Indonesia

Surat Yasin adalah salah satu surat dari 144 surat dalam Alquran. Surat ini memiliki julukan populer yaitu Qalbu Al-Quran yang memiliki arti jantungnya Alquran. Para ulama pun mengakui, surat ini punya banyak keutamaan bagi siapapun yang membacanya dan mengamalkannya.

Di Indonesia, surat Yasin sangat populer dan sering dibaca untuk tradisi amalan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, ada cerita dari sebagian masyarakat di Indonesia yakni ketika membaca ayat 8 dan 9 dari surat ini maka akan terhindar dari sergapan polisi lalu lintas di jalanan. Tentu, masyarakat tidak serta merta melakukan hal tersebut tanpa ada dasar atau referensi tertentu.

Ternyata, hal itu diambil dari cerita sahabat Ibnu Abbas. Dalam riwayatnya dijelaskan bahwa saat kaum kafir Quraisy bergerombol di depan pintu rumah Nabi Muhammad SAW untuk membunuh sang Nabi, Malaikat Jibril pun membawa wahyu yakni Surat Yasin, Nabi Muhammad pun diperintahkan mengambil segenggam tanah dan dibacakan surat Yasin di atas tanah itu.
Setelah itu, ketika Nabi keluar, tanah itu ditabur di hadapan para kaum kafir Quraisy. Sehingga, tidak ada seorang pun dari para kaum kafir yang melihat Nabi Muhammad keluar dari rumahnya.

Cerita tersebut hanya satu dari banyaknya cerita yang diambil oleh masyarakat Indonesia untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi, masih banyak keutamaan lain dari surat ke 36 dalam Alquran tersebut.

Keutamaan Surat Yasin

Wajib Tahu! Keutamaan Surat Yasin Dalam Tradisi Umat Islam Indonesia

Ada banyak keutamaan bagi setiap umat muslim yang membaca serta mengamalkan surat dengan 83 ayat ini. Tentunya, inti dari keutamaan itu adalah agar senantiasa mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah Swt. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini hingga tuntas.

1. Hajat yang Cepat Terkabul
Kadang, terdapat harapan serta hajat kebutuhan kita yang bisa dengan mudah terpenuhi tanpa ada gangguan atau hambatan. Tetapi, ada juga hajat yang memang sulit untuk dipenuhi, perlu proses panjang atau bahkan selalu ada hambatan yang menghalangi.

Dengan begitu, terdapat cara lain yang lebih mudah dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad, yakni membaca surat Yasin. Menurut hadis riwayat Al-Darimi, bagi siapapun yang membaca Surat Yasin setiap pagi, maka akan selalu dipermudah segala urusannya sampai pagi selanjutnya.

Tentunya, hal ini pun berkaitan dengan amalan masyarakat Indonesia yang terbiasa membaca surat Yasin di malam Jumat. Bahkan, amalan itu dibeberkan dalam hadis riwayat Abu Daud.

2. Mempermudah Sakaratul Maut
Di Indonesia, ada kebiasaan yang memang tidak pernah hilang saat ada sanak saudara atau warga lain yang meninggal, yaitu membaca surat Yasin. Bahkan, surat itu dibacakan oleh keluarga si mayit sesaat sebelum ia mengalami sakaratul maut.

Dalam kitab Tarjuman Al-Mustafid yang ditulis Abdurrauf Al-Singgkili menyatakan, apabila Surat Yasin dibacakan terhadap orang yang tengah sakaratul maut, maka malaikat akan meminta ampunan untuknya. Bahkan, malaikat akan ikut memandikan, menghadiri, sampai mengiringi jenazah serta menyolatkannya.

TIdak hanya itu, dalam kitab tersebut pun dijelaskan bahwa nyawa orang itu tidak akan diambil oleh malaikat maut sebelum malaikat Ridwan tiba kepadanya dengan air dari surga.

Sebetulnya masih banyak keutamaan dari Surat Yasin yang bisa kita dapatkan ketika membacanya. Tentunya, umat Islam tidak boleh berhenti di surat Yasin, ada banyak surat lain dalam Alquran yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri yang bisa mempermudah langkah kita dalam menjalani hidup di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.